Sabtu, Desember 22, 2012

TOPPING : Temporarily Closed

Diposting oleh Azami 'dinar' Reiko di 22.02


Assalamualikum...
mumpung di malam minggu yang sepi ini... aku sendiri.. tiada yang menemani...
*loh2 nyanyi??
jarang kan aku bisa ngetik2 panjang di blog dan mengisi dengan tulisan2 panjang yang sebenernya ga bermutu juga, hehe

kenapa kah kini aku punya waktu luang segini banyak???
dan inilah jawabannya...
mulai bulan Desember untuk Order Topping Azami terpaksa harus closed order dulu ya...
untuk sementara aja sampe waktu yang tidak ditentukan. karna setaun ini mengerjakan topping bukanlah hal mudah. bentuknya yang mungil dengan harga yang mungil juga tidak sebanding dengan tenaga dan jumlah orderan yang ga mungil, terpaksalah harus ditutup sementara.

Azami ucapin terimakasih kepada teman2 yang sudah pernah order Topping di Azami. maaf kalo ada yang hasilnya ga maksimal, atau pelayanannya yang ga maksimal. maklum lah, under pressure ngerjain orderan yang mungil, ratusan sampe ribuan tapi waktunya mepetttt

berasa kayak dikejar metromini *jangan setan ah seremmm
list order sampe full bisa sampe 1-2bulan kedepan. paling ngeri waktu lebaran kemaren. bisa panjangggg banget dan kejar2an semua. ngeri deh yang liat caraku bekerja.
ampe keluarga besar ikut campur dalam 'konser bersama' menceramahiku...
dan setelah diskusi panjang dengan sang Bunda, akhirnya keluarlah keputusan ini.

mau review sebentar nih...
mengerjakan toping itu sebenernya nyenengin. gampang dan ga banyak jahit. paling suka bikin strawberry dan chery. paling males bikin yang lem2an kayak topping slice(kata ibuku ngelem gampang kug malah ga suka, hehe) jeruk baby dan astor. paling gampang bikin krim puff, bisa 50pc kurang dari 1jam, ngebut kan???hehe

kenapa pilih toping?
awalnya aku juga ga tau kalo ternyata 'pengorbanan' jadi crafter topping itu ga sedikit. selain waktu dan tenaga, ternyata harganya mungilllll banget. padahal dalam dunia handycraft ini semakin mungil kan semakin rumit.
dulu aku suka toping karna kesengsem blognya mbak Novi Nouf, dan karna aku suka replika makanan. tapi ga nyangka kalo ternyata seriweuh ini urusannya...
bayangin aja kalo mau dapet uang 50.000 harus bisa buat 100pc krim puff dengan perhitungan laba bersih cuma 10-20ribu aja. lah trus tenaganya???
itu baru hargaku yang jual krim puff 50.000/100pc padahal ada temen crafter juga bisa jual 40-45.000/100pc. ngeri ga tuh?

sekarang crafter toping banyak bermunculan. ada yang disambi dengan jualan lain. ada yang fokus. aku dulu fokus di topping dengan sambilan flanel motif. tapi setelah orderan topping membuatku stuck akhirnya aku balik dengan flanel motif sebagai fokusku dan topping sebagai sambilan.
tapi melihat teman2 memberi harga toping kadang membuatku kasihan...
mendadak jadi ada perang harga, serba murah2an pokonya, untuk merebuut hati para buyer.
pernah aku lihat sampe ada yang matok 3000/lusin untuk toping chery, aku aja 7500/lusin...
emang sih... kalo dibandingkan dengan crafter2 itu harga topingku paling mahal. malah dulu pernah ada buyer minta PL dan ternyata untuk perbandingan dia mau ikutan jual toping.
aku sih ga masalah banyak temen ikutan jual toping. bukan masalah kualitas ya, karna kualitasku juga standar. ga bagus2 banget, ga jeyek2 banget *menurutku :p
tapi karna mereka kan baru. belum banyak tau rekosone bikin toping, hehe
kadang aku sampe penasaran. pengen tau gimana sih reaksi mereka kalo dapet order ratusan dengan list panjang harga murah tapi minta cepet sementara urusan real mereka belum terpenuhi?hehehe
makanya under pressure banget. kerasa banget tekanannya. mana orang lain terperangah dengan jumlah orderan kita tapi rupiah yang masuk kug ga tampak???
belum lagi kalo kita harus menjelaskan berulang2 pada orang awam yang ga mengerti apa itu toping flanel. sampe ada yang komen "kayak gini kug ya ada yang beli... mau dibuat apa coba??"
pernah?aku?seringgggg... hehehehe

jadi untuk para crafter toping saran daku sih pertimbangkan segala harga dengan tenaganya. jangan cuma habis bahannya aja. kalo habis bahan sih jelas dikit, kan mungil. tapi tenaga kan ga murah. kalo jualan toping per pc dihargai 200 rupiah aja, pegawai mana mau kita rekrut dengan gaji segitu. hehe
nah jadi dipertimbangin lagi, jangan surut semangat karna tulisan ini ya... hehe
daku emang udah rencana sih dari awal kalo tujuan utamaku terjun di flanel untuk jualan sovenir. tapi kala itu sebagai newbie yang belum paham betul akhirnya jadi tersangkut di toping.
sekarang insya allah sudah merambah sovenir. karna aku suka dapet orderan yang sekali order langsung ratusan jadi aku pilih sovenir sebagai ganti toping. sama2 ratusan biji tapi 'hasilnya' beda. hehe

sedikit pesan untuk temen2 crafter toping. jangan kalap orderan ya... kalo ngerasa udah ga sanggup jangan dipaksain. jangan mendzolimi tubuh dengan begadang dan gaya hidup ga teratur *curcol, hehe
dan untuk buyer.. tolong hargai kami para penjual topping ya. harga toping udah nyungsep gitu masih ditawar juga. dulu ada yang pernah nawar strawbery dan jeruk baby 100pc 50.000. gelo apa???
jadi patuhi harga dari seller. dan kalo ga cucok tinggal cari os lain. gampang kan???

wah jadi panjang postingannya. sapa yang mau baca yah???mentang2 ada waktu luang jadi panjang tulisannya,hehe
selain itu daku memutuskan tutup topping sementara juga karna keluarga menyarankan untuk lanjut kuliah. aku bukan tipe yang bisa berfikir bercabang. jadi kayaknya berat kalo harus mikir kuliah dan orderan mungil beratus2 biji. tapi kalo ordernya sovenir kan minimal 1 bulan sebelum hari H. waktunya ga semepet toping, hehe
doain aja ya...

oya Azami tahun depan genap berusia setahun. ga kerasa ya. kapan2 mau review perjalan setahun ah... :p
sekalian mau ngadain Giveaway (insya allah)
lagi cari sponsor nih, yang berminat hayuk ah, hehe
yang udah pernah beli flanel motif di Azami siapin kreasi dan foto terbaiknya ya....

salam kreatif....


2 komentar:

gitabeneran on 30 Desember 2012 17.51 mengatakan...

semangat dinar. saingan adalan kawan. biarin ajah mereka memurahkan harga yg penting kualitasmu nomero ono hahahah

Huzna Souvenir on 13 Mei 2013 17.53 mengatakan...

hehehe, bener banget tuh mba, btw walaupun panjang saya tetap baca kok potingan mba ampe habis :P

Posting Komentar

 

Azami Felt Creation Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Ugg Boots Sale | web hosting