Sabtu, Desember 29, 2012

Review 2012

Diposkan oleh Azami 'dinar' Reiko di 17.43 0 komentar Link ke posting ini

Alhamdulillah... pergantian tahun tinggal 48 jam lagi...
Setiap tahun aku selalu membiasakan untuk evaluasi. Misal apa sih yang kurang dan salah dari setahun ini, dan apa sih target yang mau diraih setaun ke depan.
Ini dinamakan resolusi. Bukan revolusi yah... itu mah pelajaran sejarah, hehe
Tapi sebelum punya resolusi, aku mau review dulu ah kinerja setahun ini. Kali aja bisa untuk cermin bagi yang mau memulai bisnis serupa. Jadi... siapkan cemilan dulu ahhh karna bakal panjangggg... =P

Januari 2012
Awal aku berani merintis bisnis flanel. Tepat di awal tahun jadi gampang diingat. Mulai berlatih sejak Desember 2011.
Pasarku saat itu anak2 SD kayak gantungan kunci dan jepit. Disinilah awal mula nama brand yang berubah-ubah.
Awal brand Krheasi, setelah aku pikir2 kug aneh ya... ga nyambung aja gituh... lalu aku ganti D`first dengan maksud serba kreasi pertama.
Tapi...
Tetep ga `menjual` gitu brandnya. Lalu pas malam2 begadang tiba2 dapat wangsit untuk pake nama `AZAMI`
Waktu itu aku pikir.. Iya yah kenapa ga pake nama itu aja, toh aku dah pake nama itu untuk nama Fb ku bertahun2. Dan karna rada jepun jadi ga ada yang nyamain. Didenger juga menjual, hihi
Tyus gimana ceritanya dapet nama Azami?
Dulu di FB ada aplikasi arti nama dalam bahasa jepang... nah namaku Dinar Anggaria waktu muncul hasilnya Azami Reiko.
Sejak itulah Fbku berubah nama jadi Azami `dinar` Reiko sejak sebelum terjun ke flanel.
Dan akhir januari inilah aku tetapkan sebagai hari Ultah Azami ^^

Februari 2012
Awal berani buka rekening dan minta Softfile Ongkir ke JNE. Dan aku pilih Mandiri karna selain dekat dengan rumah juga cust banyak yang pake rekening itu. Dulu awal2 pake BRI repot cyinnnn... tiap saat harus cek ke atm karna dulu BRI belum e-banking.
Tabungan dirumah aku investasikan untuk buka rekening baru. Dan daftar E-banking untuk memudahkan transaksi.

Bulan ini juga ku investasikan sisa tabunganku untuk beli hape berkamera. Dulu aku numpang kamera sepupu yang pake BB tapi ga enak karna setiap waktu harus ganggu dia. Ribet juga saat aku harus foto tapi harus nunggu sepupuku main kerumah.
Setelah timbang sana timbang sini... dapetlah hape SAMSUNG CHAMP yang kameranya ajibbbb banget. Ga kalah deh ma BB.
Lihat aja buktinya disetiap foto aku -promosi-

Meski banyak yang tanya kenapa ga pake BB. Bukanya ga mau beli, pengen sih... tapi aku pikir mungkin belum terlalu perlu. Tanpa BB kita juga masih bisa jualan, misal di FB, BERNIAGa, TOKOBAGUS, TWITTER, KASKUS, atau iklan baris di internet. Selain itu pake BB itu berarti kita harus siap dengan `dana` lebih untuk BBM, SMS, TELPUN, BROWSING,DOWNLOAD, jadiiii untuk pemula saran aku sih pilihlah dengan Bijak. Hehehe

Aku bukan tipe yang ikut tren sih. Jadi walopun semua punya BB dan semua nanyain Pin BB ku, ga ngaruh jadinya. Yang penting itu hape kamera bagus, bisa inet lancarrrr, udah siphhh... meski harganya 500ribuan...

Maret -April 2012
Pertama kalinya dapet order online. Sempet down saat foto2 yang kupajang ga menarik karna hape pinjaman tadi. Seharian mengurung diri untuk cari wangsit. Dan sempet hampir putus asa saat orderan masih sepi aja...

Akhirnya setelah nunggu 3 bulan dapet juga order pertama. Aku lupa ordernya apa ya, tapi ini lah pembuka pintunya, hehehe...
Ada juga order dari kalangan temen2. Dan aku mulai berani konsinyasi dengan warung2.

Ini tentang pengalaman konsinyasi...
Pertama kali konsi di warung deket rumah aku setor 15 barang. Ada ganci, ganpe, bros, jepit. 1 bulan Cuma laku 1pc. Sedihhh? Jangan ditanya...
Tapi aku jadi berani spekulasi untuk konsi di warung lain. Dan hasilnya masih sama =(
Tapi aku ga putus asa. Akhirnya aku tembusin tempat fotokopi. Dan karna letaknya deket SMP dan SD alhamdulillah laku lebih banyak. 1 bulan sekali setor dan hasilnya lumayan meski belum bisa disebut bagus.
salah satunya klik disini

Kebetulan salah satu teman katar tertarik dengan buatanku dan dia punya temen yang punya lapak di mall. Diboronglah bros buatanku untuk dipajang di lapak mall temannya dan dibayar dimuka. Asikkkkk ^^
Sayang sekarang temanku itu sudah kerja diluar negri jadi kerjasama bisnis ini harus terputus...
Waktu itu label hangtag ku masih sederhana banget, ngeprint dan difotokopi. Hihihihihi

Bulan2 ini juga mulai melirik flanel motif. Karna belum punya modal jadi sementara ngeresel punya orang dan beli pabrikan.
Meski hasil penjualannya memuaskan... tapi aku pikir ga bisa bergantung terus pada orang. Jadi aku harus kumpulin modal untuk bisa berdiri sendiri.

Disinilah awal pertama aku dapet order topping ^^

Mei-Juni 2012
Dari pertama aku udah jatuh cintrong dengan toping. Iseng2 bikin tutorial bikin toping saking kepincut sama blog2 master itu. Pengen ikut2an bikin tuto gitu maksudnya...
Sempet beberapa kali rubah harga. Dengan membandingkan dengan crafter lain...
Tapi setelah ngerasain kalo bikin toping ga mudah... akhirnya aku pertimbangkan sendiri harganya tanpa terpengaruh crafter lain yang jual lebih rendah.

Awal order toping masih inget dari crafter jawa barat yang mau order toping mendadak harus selesai 2 hari. Dari situlah awalnya harus begadang setelah berani terima order. Dulu aku menyepelekan waktu banget.
Halah 100pc bisa lah 2 hari. Halah 200pc bisa lah 3 hari. Akhirnya tubuhku yang tumbang. Beberapa hari sakit tapi masih tetap harus bekerja.
Baru lah tau gimana rasanya curhatan mbak Prapti Nupi2 tentang `BANJIR ORDER ANTARA BERKAH dan MUSIBAH` di blognya setelah ngalamin sendiri. Hehehe

Juli-September 2012
satu kalimat menggambarkan bulan2 ini. Order Gila2an !
semua order diterima. Sampe mau makanpun ga sempat. Sampe order 100pc tuh terasa sedikittt banget, hehe
500pc, 1000pc, 1400pc, full pokonya...
Dan tumbang lagi seminggu sebelum Idul Fitri, hihihihihi

Bulan ini juga mulai berani jual alat dan bahan kerajinan. Karna ada beberapa cust yang usul untuk jual alat dan bahan sekalian biar irit ongkir waktu pesen topping.
Akhirnya tiap belanja jadi kalap karna kalo pengen dapet harga grosir harus beli banyak. Sampe dapet member segala. Tapi ini nikmatnya jadi crafter...
Saat kalap belanja bahan kerajinan, hihihihihi
Apalagi restoknya pake motor. Sampe tinggian flanel nya daripada aku. Akhirnya mempertimbangkan keselamatan... sekarang restok jadi 2 bulan sekali.
Karna itulah aku ga rela kalo harus jual flanel polos atau polkadot dengan harga murah. Bukan mau untung tinggi, tapi karna bawanya dari toko ke rumah perlu perjuangan, apalagi ga bisa tiap hari ke kota beli flanel yang kosong =(

Bulan ini juga aku berani banting setir untuk buat motif sendiri. Ga tanggung2 waktu itu hampir semua tabunganku hasil jual topping aku investasikan di flanel motif ini.
Bener2 habissss waktu itu untuk bayar ongkir cust, belanja bahan, dan buat flanel motif.
Ga tau gimana bisa senekat itu. Tapi dari awal emang aku suka flamot. Mungkin karna masih jarang. Ga kayak sekarang banyak yang jual.
Selain itu aku capek beli pabrikan. Selain kurang suka motifnya juga sering ketipu kualitas. Kainnya kotor, catnya belepotan, motif ga menarik.
Kalo cust komplain aku juga ga bisa bantu. Kan itu dah dari sononya begitu.
Sejauh ini flamot pabrikan yang masih aku restok terus Cuma polka dan kadang2 motif mickey atau nemo.

Oya bulan2 ini juga pertama kali ngadain Giveaway. Meski hadiahnya sederhana tapi yang ikut memeriahkan lumayan banyak. Dan seneng rasanya bisa berbagi.
Semoga dilancarkan rejekinya jadi bisa berbagi lagi, amin ^^
Insya allah bulan Januari juga mau ada Giveaway lagi.

Oktober-desember 2012
Mulai banting setir lagi ke sovenir. Karna capek bikin toping yang mungil2 itu tanpa bantuan. Gimana mau cari bantuan, laba bersihku aja sekitar 100-200rupiah per bijinya. Pegawai mana mau dibayar 100 perak per biji. Padahal buatnya ga gampang. Akhirnya aku kerjain sendiri ratusan dan ribuan biji itu dibantu ibu yang mulai ikut jatuh cinta pd kreasi ini.
Aku sebenernya ga enak dibantu ibu. Aku ga minta dan ga nyuruh. Tapi ibu yang udah jatuh cinta juga ga mau istirahat dan tiap pagi ikutan nyicil.
Mungkin dikira orang2 aku teganya nyuruh ibu ikutan kerja. Tapi sebodo amat apa kata orang nyatanya ibu senang dan enjoy ^^

Kejenuhan pada toping berpuncak di bulan desember...
Akhirnya dengan membulatkan tekad mulai bulan ini tutup PO toping. Tapi masih melayani order kalo barang ready. Jadi rencana mau jual toping ready aja dan ga mau dikejar2 kereta kayak kemaren.

Dan di minggu2 terakhir bulan desember mulai repot lagi restok flanel emoticon BB yang ada beberapa kendala. Sementara flanel motif lain juga banyak yang sudah kosong.
Tapi aku ga bisa membuatnya ready dalam sekejap dengan tongkat ajaib. Jadilah rada membuat tertekan saat bermacam2 cust berkomentar.
Ada yang marah2, ada yang ga terima, ada juga yang memahami dan sabar menunggu.
Yah mau gimana lagi, nyatanya stok habis dan untuk restok diperlukan waktu.
Yang bikin sedih justru komentar2 cust itu =(
Ibu menenangkan untuk ga memikirkan komentar mereka. tapi tetep aja ga bisa. Semua orang pasti ingin yang terbaik. Dan aku juga berharap selalu bisa memberi yang terbaik.
Itu yang membuatku merasa bertanggung jawab untuk bisa memenuhi keinginan mereka meski kemampuanku terbatas.
Apalagi ngepas banyak hari libur...
Jadi aku sangat2 berterimakasih pada cust yang sudah mau bersabar dan memahamI ^^V

Mungkin ini sepenggal review setahun. Sebenernya masih banyak tapi aku sendiri ga ingat, hihihihi
Yang pasti flanel ini mengajariku banyak hal. Membuatku kenal dengan banyak orang dari berbagai daerah. Membuatku kenal banyak karakter manusia.
Entah itu pengalaman baik ataupun yang kurang bagus.
Tapi semua ini jadi pelajaran. Dalam flanel ini tiap detik bisa untuk belajar.

Misal kita harus siap setiap saat online fb untuk cek orderan atau sekedar komen. Tengah malam saat mata udah 3watt ada yang minta direkap atau tanya ongkir. Dan saat kita lagi repot2nya ada cust sms ga habis2 tanyain hal yang sama berulang2.
Belum lagi saat kita sakit tapi harus tetap melayani cust.
Hal ini sudah dibahas juga di blognya mbak Prapti klik disini ya, ETIKA BELANJA ONLINE, menarik banget !!!
Jadi intinya harus saling menghargai yah...

Bener kata Mbak Fitri Gaity, dengan jadi online shop kita tau rasanya saat jadi pembeli. Pastinya kalo kita sama2 punya online shop, kita akan lebih memahami bagaimana kondisi si pemilik OS tempat kita belanja.
Misal kita order sesuai ketentuan dia, kita patuhi rule2 di OS dia, kita ga membandingkan dia dengan OS lain, dan kita mempermudah transaksi dengan ga menawar. KARNA kita juga mau diperlakukan begitu kan saat kita jadi penjual.

Kadang... kalo ada cust yang rada `nyebelin` gitu aku suka mikir. Kira2 dia OS juga bukan ya... gimana rasanya dia saat dapet cust seperti dirinya sendiri?
Apalagi dengan orang2 yang suka HIT N RUN.
Dulu pernah terungkap pelaku hit  n run yang ternyata order dibeberapa OS flanel sekaligus dengan jumlah orderan minimal 1 greoss. Ckckckck... ada2 aja orang macam tuh.

Belakangan ini juga rada sering ketemu cust yang nyebelin. Yang pesen tapi lari a.k.a ngilang...
Ga tanggung2, ada yang pesen 20 lembar Emo ngilang...
Yang membuat sedih itu pelakunya justru teman crafter sendiri. Yang harusnya mereka tahu rasanya.
Tapi ya sudah... dianggap aja belum rejeki dan nanti dapet ganti lebih banyakkkk, amin ^^v

Nah dengan memposisikan kita sebagai penjual kita jadi lebih bisa saling menghargai meskipun kita bukan penjual.
Aku selalu berusaha mikir gitu saat mau belanja online. Tapi kadang emang ada OS yang nyebelin.
Jadi gimana kita menyikapi aja. Be WISE...

Resolusi untuk tahun depan...
1.   Semoga tahun depan lebih sibuk lagi dari tahun ini (hihihihihi)
2.  Bisa rekrut asisten karna bener2 butuh banget tapi belum ada yang bersedia jadi asisten karna masalah gaji dan kecocokan =P
3.  Pengen punya kios kecil yang isinya barang2 kerajinan. Pengen rombak depan rumah karna dalam rumahku sudah ga muat dengan jualan2ku. Tapi renovasi butuh biaya kan ya... masih sayang juga duitnya =P
4.  Berusaha beri yang lebih baik lagi ditengah gencarnya persaingan flanel. Dan semoga dapet cust yang baik2 juga, cust yang HIT N RUN bisa sadar dan ga ulangin lagi.
5.  Bikin daftar BLAKCLIST untuk cust2 yang sudah pernah hit n run di Azami. Atau cust yang tidak bisa saling menghargai, u will be BLACKLIST guys!

Yang baik2 diaminin dulu...
Aminnnnnnnnnnnnn..............
HAPPY HOLIDAY...
HAPPY NEW YEAR...
And... HAPPY CRAFTING ALL ^^V

Sabtu, Desember 22, 2012

TOPPING : Temporarily Closed

Diposkan oleh Azami 'dinar' Reiko di 22.02 2 komentar Link ke posting ini


Assalamualikum...
mumpung di malam minggu yang sepi ini... aku sendiri.. tiada yang menemani...
*loh2 nyanyi??
jarang kan aku bisa ngetik2 panjang di blog dan mengisi dengan tulisan2 panjang yang sebenernya ga bermutu juga, hehe

kenapa kah kini aku punya waktu luang segini banyak???
dan inilah jawabannya...
mulai bulan Desember untuk Order Topping Azami terpaksa harus closed order dulu ya...
untuk sementara aja sampe waktu yang tidak ditentukan. karna setaun ini mengerjakan topping bukanlah hal mudah. bentuknya yang mungil dengan harga yang mungil juga tidak sebanding dengan tenaga dan jumlah orderan yang ga mungil, terpaksalah harus ditutup sementara.

Azami ucapin terimakasih kepada teman2 yang sudah pernah order Topping di Azami. maaf kalo ada yang hasilnya ga maksimal, atau pelayanannya yang ga maksimal. maklum lah, under pressure ngerjain orderan yang mungil, ratusan sampe ribuan tapi waktunya mepetttt

berasa kayak dikejar metromini *jangan setan ah seremmm
list order sampe full bisa sampe 1-2bulan kedepan. paling ngeri waktu lebaran kemaren. bisa panjangggg banget dan kejar2an semua. ngeri deh yang liat caraku bekerja.
ampe keluarga besar ikut campur dalam 'konser bersama' menceramahiku...
dan setelah diskusi panjang dengan sang Bunda, akhirnya keluarlah keputusan ini.

mau review sebentar nih...
mengerjakan toping itu sebenernya nyenengin. gampang dan ga banyak jahit. paling suka bikin strawberry dan chery. paling males bikin yang lem2an kayak topping slice(kata ibuku ngelem gampang kug malah ga suka, hehe) jeruk baby dan astor. paling gampang bikin krim puff, bisa 50pc kurang dari 1jam, ngebut kan???hehe

kenapa pilih toping?
awalnya aku juga ga tau kalo ternyata 'pengorbanan' jadi crafter topping itu ga sedikit. selain waktu dan tenaga, ternyata harganya mungilllll banget. padahal dalam dunia handycraft ini semakin mungil kan semakin rumit.
dulu aku suka toping karna kesengsem blognya mbak Novi Nouf, dan karna aku suka replika makanan. tapi ga nyangka kalo ternyata seriweuh ini urusannya...
bayangin aja kalo mau dapet uang 50.000 harus bisa buat 100pc krim puff dengan perhitungan laba bersih cuma 10-20ribu aja. lah trus tenaganya???
itu baru hargaku yang jual krim puff 50.000/100pc padahal ada temen crafter juga bisa jual 40-45.000/100pc. ngeri ga tuh?

sekarang crafter toping banyak bermunculan. ada yang disambi dengan jualan lain. ada yang fokus. aku dulu fokus di topping dengan sambilan flanel motif. tapi setelah orderan topping membuatku stuck akhirnya aku balik dengan flanel motif sebagai fokusku dan topping sebagai sambilan.
tapi melihat teman2 memberi harga toping kadang membuatku kasihan...
mendadak jadi ada perang harga, serba murah2an pokonya, untuk merebuut hati para buyer.
pernah aku lihat sampe ada yang matok 3000/lusin untuk toping chery, aku aja 7500/lusin...
emang sih... kalo dibandingkan dengan crafter2 itu harga topingku paling mahal. malah dulu pernah ada buyer minta PL dan ternyata untuk perbandingan dia mau ikutan jual toping.
aku sih ga masalah banyak temen ikutan jual toping. bukan masalah kualitas ya, karna kualitasku juga standar. ga bagus2 banget, ga jeyek2 banget *menurutku :p
tapi karna mereka kan baru. belum banyak tau rekosone bikin toping, hehe
kadang aku sampe penasaran. pengen tau gimana sih reaksi mereka kalo dapet order ratusan dengan list panjang harga murah tapi minta cepet sementara urusan real mereka belum terpenuhi?hehehe
makanya under pressure banget. kerasa banget tekanannya. mana orang lain terperangah dengan jumlah orderan kita tapi rupiah yang masuk kug ga tampak???
belum lagi kalo kita harus menjelaskan berulang2 pada orang awam yang ga mengerti apa itu toping flanel. sampe ada yang komen "kayak gini kug ya ada yang beli... mau dibuat apa coba??"
pernah?aku?seringgggg... hehehehe

jadi untuk para crafter toping saran daku sih pertimbangkan segala harga dengan tenaganya. jangan cuma habis bahannya aja. kalo habis bahan sih jelas dikit, kan mungil. tapi tenaga kan ga murah. kalo jualan toping per pc dihargai 200 rupiah aja, pegawai mana mau kita rekrut dengan gaji segitu. hehe
nah jadi dipertimbangin lagi, jangan surut semangat karna tulisan ini ya... hehe
daku emang udah rencana sih dari awal kalo tujuan utamaku terjun di flanel untuk jualan sovenir. tapi kala itu sebagai newbie yang belum paham betul akhirnya jadi tersangkut di toping.
sekarang insya allah sudah merambah sovenir. karna aku suka dapet orderan yang sekali order langsung ratusan jadi aku pilih sovenir sebagai ganti toping. sama2 ratusan biji tapi 'hasilnya' beda. hehe

sedikit pesan untuk temen2 crafter toping. jangan kalap orderan ya... kalo ngerasa udah ga sanggup jangan dipaksain. jangan mendzolimi tubuh dengan begadang dan gaya hidup ga teratur *curcol, hehe
dan untuk buyer.. tolong hargai kami para penjual topping ya. harga toping udah nyungsep gitu masih ditawar juga. dulu ada yang pernah nawar strawbery dan jeruk baby 100pc 50.000. gelo apa???
jadi patuhi harga dari seller. dan kalo ga cucok tinggal cari os lain. gampang kan???

wah jadi panjang postingannya. sapa yang mau baca yah???mentang2 ada waktu luang jadi panjang tulisannya,hehe
selain itu daku memutuskan tutup topping sementara juga karna keluarga menyarankan untuk lanjut kuliah. aku bukan tipe yang bisa berfikir bercabang. jadi kayaknya berat kalo harus mikir kuliah dan orderan mungil beratus2 biji. tapi kalo ordernya sovenir kan minimal 1 bulan sebelum hari H. waktunya ga semepet toping, hehe
doain aja ya...

oya Azami tahun depan genap berusia setahun. ga kerasa ya. kapan2 mau review perjalan setahun ah... :p
sekalian mau ngadain Giveaway (insya allah)
lagi cari sponsor nih, yang berminat hayuk ah, hehe
yang udah pernah beli flanel motif di Azami siapin kreasi dan foto terbaiknya ya....

salam kreatif....


New Giveaway @Desember

Diposkan oleh Azami 'dinar' Reiko di 20.58 0 komentar Link ke posting ini
setelah beberapa waktu lalu Mbak Fitri Gaity dari Duniakreasifiet.blogspot.com menerbitkan buku. kini ada Giveaway dengan hadiah dari buku dan sepatu beliau.
yuk yang kepengen punya salah satu hadiahnya bisa ikutan Giveaway ini.

cekidot dimari... Hayano Handmade


Rabu, Desember 12, 2012

Tas Karakter Unik @35.000

Diposkan oleh Azami 'dinar' Reiko di 19.16 1 komentar Link ke posting ini
TAS KARAKTER UNIK COCOK UNTUK HANGOUT SAMA TEMEN2
MUAT BANYAK BARANG DAN CHIC PASTINYA...

@35000 SAJA
60.000/2 PC
YUKKK ORDERRRR ^^
TK1

TK2

TK3

TK4

TK5

TK6

CARA ORDER SMS 085695845764
LIMITED STOKKK 
ONLY 35.000 SAJAH...

Minggu, Desember 02, 2012

Motif Koran

Diposkan oleh Azami 'dinar' Reiko di 15.46 0 komentar Link ke posting ini

akhirnya setelah melalui perjuangan dan trial erur yang lama jadi juga motif ini...

big thanks to Mas nya yang sablon. sudah mau repot2 bikin ini motif ^^

mejeng ahhhh...

MOTIF KORAN (KODE FK)
11000/LEMBAR

betewe... curhat dikit ah....
kadang2 aku mikir.. diriku ini jual flanel motif tapi belum ada karya yang pake itu motif2, hiks
semua karna belum adanya waktu luang...
orderan toping kan ga sedikit yah jumlahnya (crafter topping pasti tau yang kurasa :P)
dan semua deadline menjelang natal dan tahun baru
kadang terfikir...
untuk beralih dari topping..
selain harga nya murah banget, bentuknya yang mungil, tapi yang dikorbankan juga waktu istirahat...
maka coba2 lah beralih ke sovenir. aku suka bikin suatu orderan yang sekali bikin langsung banyak. minimal 50 bijilah, 1000 biji lebih seneng lagi. tapi paling males kalo orderan cuma 1 atau 2
beratttt gitu kerjanya,
mungkin karna sekalian capeknya gtu, jadi lebih enak bikin banyak
bedanya dengan topping, bentuk sovenir ga serumit dan semungil toping, hehe

jadi rencananya akhir tahun ini mau buat sampel sovenir, semoga responya lebih baik dari toping (amin)
tapi kug berat juga ninggalin toping, secara itu orderan ga ada habisnya. dan emang masih menggiurkan, hehe
wallahualam...
yang penting kita terus berusaha ^^
cemangka!! genbatte !!
 

Azami Felt Creation Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Ugg Boots Sale | web hosting